Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GP Ansor Jamanis Gelar Ngaji Rutin Kitab Risalah Ahlusunnah Waljamaah

santrijabar.com Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Nahdlatul Ulama Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya gelar kegiatan pengajian rutin Arrisalah Aswaja karya Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy’ari yang dilakasanakan mingguan tepatnya setiap Selasa Malam ( Ngaji Reboan ) untu
k membahas berbagai permasalah kekinian yang terjadi dimasyarakat. Kegiatan ini rutin digelar di gedung MWCNU Jamanis, Kampung Lengkong RT 02 RW 07, Desa Sindangraja, Kecamatan Jamanis, Kabupaten tasikmalaya.

Kitab ini sendiri terdiri dari 10 (sepuluh) pasal ditambah dengan satu lagi khutbah kitab (pendahuluan). Pasal pertama dari kitab ini setelah pendahuluan membahas tetang pemahaman mengenai pengertian dari kata sunnah dan kata bid’ah. Masing-masing kedua istilah tersebut dibahas dari segi tinjauan pengertian bahasa (etimologi) dan pengertian istilah (terminologi).

Kitab ini bermanfaat bukan hanya untuk memahami, menilai, dan membeda mana ibadah mana tradisi, mana sunnah mana bid’ah, tapi juga posisi keagamaan para ulama pesantren saat itu yang direpresentasikan Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy’ari, salah satu ulama paling berpengaruh di bumi Nusantara.

Dalam pengajian tersebut Ketua GP Ansor Jamanis, Fuadi Zaen, mengatakan bahwa pengajian yang membahas kitab Risalah Ahlusunnah Waljamaah karangan Mbah KH Hasyim Asy’ari ini sengaja diagendakan kembali dalam rangka menguatkan soliditas dan loyalitas kader agar kuat lahir-bathin.

Hal senada disampaikan Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor NU Kecamatan Jamanis, Ipan Parhan, kegiatan ini selain mengundang Pengurus Anak Cabang (PAC), Satuan Koordinasi Rayon(Satkoryon) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) dan MDS Rijalul Ansor, kita juga undang Para Pengurus MWC NU Jamanis guna memguatkan bahwa Ahlusunnah Waljamaah yang diajarkan Mbah Hasyim Asy’ari adalah Aswaja sesuai ajaran Rasulullah.

Ngaji kitab ini, lanjut Ipan Parhan menjadi kebutuhan kader Ansor di tengah maraknya benturan ideologi di Indonesia saat ini.

“Ngaji Risalah Ahlusunnah Waljamaah ini tiada lain adalah dalam rangka memperkuat aqidah keislaman kader Ansor,” pungkasnya. 

Kajian kitab karya Hadrotus Syaikh KH Hasyim Asy’ari ini diampu oleh KH. Ihban Abdussomad Pimpinan Cabang JQH NU Kab. Tasikmalaya yang merupakan lulusan terbaik dan memiliki sanad langsung dari Gurunya di Pondok Pesantren Mbah Hasyim Tebu Ireng Jombang Jawa Timut

KH. Ihban Abdussomad menjelaskan bahwa Kitab Risalah Ahlissunnah wal Jamaah ini adalah suatu bentuk usaha intelektual dalam mempertahankan Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia yang dilakukan oleh Hadratussyekh,”

“Karena itu, saya mengajak para santri dan pemuda Nahdlatul Ulama untuk tidak bosan-bosannya belajar membaca dan memahami isi kitab risalah aswaja ini,” ungkapnya.

Posting Komentar untuk "GP Ansor Jamanis Gelar Ngaji Rutin Kitab Risalah Ahlusunnah Waljamaah"